Sabtu, 08 September 2018

CARA MEMESAN TIKET KERETA API INDONESA, BERBAGI PENGALAMAN NAIK KERETA

Hi good people, meet me again !!


hari ini saya mau bahas ' CARA MEMESAN TIKET KERETA API INDONESIA DI LOKET STASIUN ATAU DI APLIKASI KAI '


Mungkin diantara kalian masih aja ada yang awam soal Kereta Api ya, dan enggan menjajal Transportasi satu ini dengan berbagai alasan seperti 'ah pake pesen tiket segala, ribet', atau ' gatau jadwal keretanya, males' dan bla bla sekawannya

jadi sebenernya naik Kereta Api itu seru kok! Dan gak seribet kelihatannya..

Karena adanya beberapa kebijakan, saat ini beberapa stasiun kecil di daerah-daerah udah gak bisa dipake buat pesen tiket kereta ataupun buat pemberhentian kereta (padahal nih dulu masih bisa pesen di stasiun - stasiun kecil, dan kereta juga masih berhenti di stasiun daerah). 

Tapi, Ketetapannya sekarang cuman Stasiun - stasiun besar saja yang masih beroperasi.

Teknologi yang mulai canggil sekarang ini memungkinkan untuk kita dapat memesan tiket dalam berbagai cara nih guys..
Yuk simak, berikut ada beberapa caranya


A. PESAN TIKET DI LOKET KAI (KERETA API INDONESIA)

Caranya gampang pake banget, tapi pesennya harus di stasiun - stasiun besar dan Beroperasi yaa

- Sampai di Stasiun Dateng aja ke LOKET, nah Loket ini sendiri 'biasanya' terbagi menjadi tiga yaitu

1. Loket Pemesanan Langsung / Jarak Dekat

Di Loket ini kamu bisa pesen tiket Kereta Api yang mana Kereta Api nya akan Beroperasi pada hari yang sama atau bisa juga H - 7.

Tapi pastikan dulu tiketnya masih tersisa ya guys. Soalnya dihari - hari besar seperti Hari Raya, Natal ataupun hari" liburan begitu tiket biasanya akan ludes satu atau bahkan tiga bulan sebelumnya,

2. Loket Pemesanan Jangka Menengah / Jauh

Di Loket ini, kamu bisa pesan Tiket Kereta Api untuk jarak keberangkatan yang menengah atau dari jauh hari (bisa - 90 hari) sebelum keberangkatan guys.

Hal ini untuk menghindari tragedi 'TIDAK KEBAGIAN TIKET' yaa., apalagi kalau niat nya beli tiket buat hari besar seperti  lebaran atau hari penting yang tidak bisa ditunda keberangkatannya


3. Loket Pembatalan Pemesanan Tiket
Untuk pembatalan tiket sendiri bisa dilakukan dengan syarat 'tidak boleh mendadak' atau maksimal 30 menit sebelum jam keberangkatan yang tertera pada tiket. Jangat telat atau Hangus !!!
Untuk pembatalan tiket biasanya akan dikenakan denda 25 % dari biaya tiket sebelumnya dan sisa uang akan dikembalikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku


Note :
Penting!!! Sebelum menuju Loket pastikan sudah mengisi Formulir yang sesuai yang sudah disediakan yaa,

Penting juga untuk mengetahui 'Nama Kereta' yang akan kamu naiki karena akan digunakan untuk melengkapi data Formulir (bisa liat di papan keterangan atau tanya customer service)

Sediakan KTP atau Kartu Pelajar, karena ID pemesan akan dibutuhkan disini.

Kalau masih bingung, kunjungi 'CUSTOMER SERVICES / PELAYANAN PELANGGAN', gausah sungkan, karena Customer Service nya Ramah- ramah kok..


Bisa tanya - tanya seputar Jadwal dan Harga Tiket sesuai kelas Kereta disini dulu guys.

___ setelah mengisi formulir (bisa dibantu Customer service) lalu menuju loket, kamu akan diberikan Tiket kereta yang bersifat sementara (didalamnya tertulis identitas peumpang, nama kereta, jadwal, harga serta Barcode)


Barcode di tiket sementara ini bisa dicetak di 'Check In Counter'

(Tempat ini terdiri dari deretan komputer dan mesin scanner disamping masing-masing komputer)

Caranya tinggal 'SCAN BARCODE' yang tertera pada Tiket yang didapat dari Loket tadi di Mesin Scanner, setelah keluar data di layar komputer dan di pastikan bahwa Data nya itu benar. Maka bisa langsung Klik 'CETAK / PRINT'



Maka akan keluar dari mesin Print Kecil , Tiket Pengganti yang akan digunakan untuk Check In saat akan Boarding Pass.
__________
Untuk dapat naik Kereta Api Indonesia, sebelumnya akan ada Pengecekan oleh Petugas sebelum menuju ke jalur kereta.
Dalam pengecekan kali ini. Tiket Kereta Api dan identitas di KTP akan dicocokan, 

setelah semua data sesuai. Maka anda akan diarahkan petugas untuk menuju ke Jalur Kereta dan juga biasanya diberi arahan Gerbong mana dan tempat duduknya (meskipun di Loket sudah tertera lengkap ya guys)


Note :
Anak Usia - 3 tahun tidak dikenakan Tiket ya., tapi juga pastinya tidak akan mendapat tempat duduk  


B. PESAN TIKET VIA APLIKASI KERETA API INDONESIA

Cukup simpel dan gak ribet guys kalau via Aplikasi 'KERETA API INDONESIA'

Aplikasi bisa diinstal di Play Store, sebelum itu daftarlah terlebih dulu dengan mengisi ID KTP / bisa juga Kartu Pelajar dan beberapa identitas lain seperti Nama, Usia, dsb sesuai Form dalam Aplikasi pendaftaran.

Setelah Akun sudah siap,
Cara memesan Tiket Kereta Api bisa dengan Klik 'TRAIN/KERETA' nah disitu tinggal ngisi data seperti (Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Keberangkatan, Identitas Pemesan dan  Kelas Keretanya) setelah itu Klik 'CARI TIKET'

setelah muncul daftar Tiket yang tersedia disertasi kuota yang masih tersedia, tinggal klik yang diinginkan (tersedia juga harga & bisa pilih tempat duduk jika kuota masih tersisa banyak)

Setelah semua dirasa sesuai (baik data pemesan, tujuan, maupun harga) bisa langsung klik 'PESAN TIKET'

Setelah itu anda akan diarahkan kepada Metode Pembayaran yang diinginkan (intinya, tinggal ikutin aja langkah" di aplikasi) yang mana pembayaran bisa dilakukan via ATM/ Minimarket atau sesuai yang dipilih) dan diberi waktu hingga 60 Menit / satu jam setelah pemesaan tiket
Setelah melakukan pembayaran, Nota atau Bukti pembayaran yang sudah didapat akan tertera ' BARCODE ' atau tertera 'Kode Booking' yang bisa kamu Scan dan tukarkan dengan Tiket Di 'Check In Counter' biasanya. maksimal 1 jam sebelum keberangkatan.

(Gambar struk pemesanan tiket via minimarket)

(Gambar Tiket final)
____________________
Jadi diatas cuman dua dari sekian banyak cara buat Pesen Tiket KAI guys,
Wanna try it out!?? Bc you'll never regret nah

0 komentar:

Posting Komentar